CAUTION

Blog Project deadline is 15 February 2010 at 00.00<> (WIB Times). Jangan lupa setiap anggota kelompok diwajibkan untuk memasukkan paling sedikit 5 (lima) postingan mengenai IT Category dengan ketentuan seperti yang sudah dijelaskan pada saat praktikum Komputer yang lalu.

Blog ini Wajib memiliki fasilitas-fasilitas:

  1. Cita Hati Logo
  2. Search Blog
  3. Blog Category (Blog Labels or Label Cloud or Blogumus)
  4. About this Blog (Nama anggota2 kelompok + foto)
  5. ShoutBox
  6. Blogroll (isikan alamat blog/url kelompok2 yang lain)
  7. Latest Post
  8. Latest Comments
  9. Polling (sesuaikan dengan tema field trip)
  10. Blog/Web Counter (Ex : Histat)

Bonus Point :

Jika ada pertanyaan silakan contact saya di : mmeinardi@yahoo.com atau di twitter

 

With God's Love

Enter The Blog

social networking




Facebook atau disingkat FB adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang Mahasiswa Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah
pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya. Fitur hiburan dalam Facebook disebut aplikasi. Contohnya antara lain permainan video, kuis, dan lain sebagainya.




Twitter adalah sebuah situs mikroblog dan situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kata twitter secara harfiah berarti 'berkicau'.Situs ini mempunyai konsep blog mikro dalam penggunaannya.Di Indonesia situs jejaring sosial ini mempunyai pengguna aktif yang cukup banyak.

Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.


Microsoft Network atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft. Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista.

Bagian-bagian dari MSN adalah Hotmail , Windows Messenger , My MSN dan Download IE8. MSN kini tersedia dalam semua bahasa di dunia.

Windows Live Hotmail, atau lebih dikenal dengan Hotmail adalah layanan email gratis popular dari Microsoft, bagian dari layanan-layanan Windows Live. Versi terbaru ini diumumkan pada tanggal 1 November 2005 sebagai update dari layanan MSN Hotmail yang sudah ada. Setelah diluncurkannya versi beta, Windows Live Hotmail diluncurkan secara resmi pada tanggal 7 Mei 2007.

Windows Live Messenger adalah program perangkat lunak pengirim pesan instan yang dikembangkan oleh MSN. Terdapat fasilitas untuk mencari orang yang ada di situs tersebut. Program yang dapat didownload meliputi messenger, surel, penulis atau writer, galeri foto, pembuat film beta, keamanan keluarga dan kotak peralatan.

Perangkat lunak Download IE8 memiliki pepatah kata, yaitu:

* Tercepat. Mengembangkan penampilan untuk pengalaman web yang lebih responsif.

* Termudah. Peralatan baru membuat menjadi mudah mengakses ke situs web favorit.

* Aman. Mencegah dari virus.

* Teroptimisi. Termasuk MSN Toolbar, MSN Homepage, Microsoft® Silverlight™ dan

MSN Image adalah situs web yang digunakan untuk mencari gambar tertentu. Sama seperti Google Image Search, pengguna hanya mengetikkan kata kunci tersebut, lalu gambar tersebut ditemukan.

MSN Videos adalah situs web yang digunakan untuk mencari video tertentu, sama seperti YouTube. Tetapi pertama pengguna harus menentukan negara dan bahasanya, seperti negara Indonesia dengan bahasa Inggris.

MSN Shopping adalah situs web portal berbelanja online yang dimiliki oleh MSN dan berkompetisi dengan Yahoo!. MSN Shopping juga terdapat fasilitas pencarian produk. MSN Shopping kini tersebar di seluruh dunia.



Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat didownlo
ad secara gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar.


Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna. Ada keunggulan dari skype kualitas suara lebih baik, keamanan, mudah diguakan, pengarah lalulintas yang pintar, Traversal Firewall dan NAT (Network Address Translation), dan komunikasi global dan lokal yang lebih ekonomis melalui suara atau konferensi video.

Keunggulan dari skype kualitas suara lebih baik, keamanan, mudah diguakan, pengarah lalulintas yang pintar, Traversal Firewall
dan NAT (Network Address Translation), dan komunikasi global dan lokal yang lebih ekonomis melalui suara atau konferensi video.
Skype juga memiliki kekurangan seperti: Peni
puan, Kapasitas yang besar, dan Terhalang oleh waktu dan kesediaan orang yang memanggil dan yang dipanggil.

ICQ adalah perangkat lunak pengirim pesan instant yang dapat secara realtime mengirim dan menerima pesan yang dimiliki oleh AOL, suatu anak perusahaan Time Warner. ICQ awalnya dikembangkan oleh perusahaan Israel Mirabilis dan versi pertama program ini dirilis pada November 1996. Nama ICQ merupakan permainan kata dari frase dalam bahasa inggris "I seek you". Program ini mengizinkan para penggunanya untuk mencari pengguna lainnya yang sedang terhubung ke jaringan ICQ, dan akan memberitahukan kepada pengguna tersebut mana kala temannya terkoneksi ke jaringan ICQ. Program ini dapat digunakan untuk mengirim pesan instan, mengobrol (chatting), mengirim e-mail, mentransfer berkas dan URL, memainkan game komputer dan masih banyak lainnya.

Ketika seorang pengguna menginstalasikan ICQ di komputernya dan memulai proses registrasi, maka pengguna yang bersangkutan akan terkoneksi dengan sebuah server ICQ yang terdistribusi di dalam jaringan Internet. Selama proses registrasi, pengguna tersebut akan diberikan sebuah angka yang unik, yang disebut sebagai ICQ# (ICQ Number), yang secara unik dapat mengidentifikasikan pengguna tersebut terhadap semua pengguna ICQ lainnya dalam jaringan ICQ. Pengguna tersebut harus menggunakan ICQ# miliknya untuk meregistrasikan keberadaannya di dalam jaringan ICQ ketika terhubung ke Internet dan memulai ICQ, sehingga pengguna ICQ lainnya mengetahui bahwa pengguna tersebut sedang online dan mereka dapat menghubunginya. Pengguna tersebut dapat menentukan daftar teman-teman ICQ-nya, dan kemudian server ICQ akan memberitahukan kepada pengguna tersebut manakala teman-teman yang telah masuk ke dalam daftar masuk ke dalam jaringan ICQ.



ooVoo is FREE video calling. Lihat sampai dengan enam teman, keluarga atau rekan kerja pada waktu yang sama - dengan kualitas video yang suka face-to-wajah di ruangan yang sama. ooVoo adalah iChat-seperti video conferencing dan chatting alat untuk Windows, sarat dengan berguna, alat yang kuat membuatnya menjadi alternatif bagi kelompok kerja kecil yang menggu nakan panggilan konferensi dan aplikasi berbagi layar.
  • Video Call dengan maksimal enam orang pada saat yang sama.
  • Pengalaman besar video dan audio.
  • Melihat orang-orang tanpa biaya perjalanan.
  • Mudah Gunakan untuk konsumen dan bisnis.

Sebuah alat panggilan konferensi tuan rumah dan peserta memberikan nomor telepon untuk panggilan. OoVoo pengguna lain yang menyebut baris konferensi ini bisa terhubung langsung ke audio itu adalah bagian dari video chat, dan hanya seperti rekaman video, audio ini dapat diarsipkan terlalu. Call-in baris mendukung sampai enam orang, berarti pengguna dapat memiliki hingga belasan peserta–termasukyang di sisi video. Perhatikan bahwa layanan ini tidak gratis. Teman opsional untuk ooVoo video player dapat digunakan untuk berbagi layar atau file sharing, dan menyenan

gkan alat tampilan wajah digital yang berlaku baik untuk pengguna masker wajah atau untuk latar belakang. Video berkualitas tinggi stream juga didukung.

Dengan ooVoo, Anda dapat terhubung dengan siapa pun, kapan-melalui panggilan video, telepon, teks dan lebih. Gunakan untuk mendapatkan ooVoo face-to-face waktu bersama orang-orang Anda mungkin tidak melihat secara langsung (sementara menghemat waktu dan biaya perjalanan).


Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jejaringan sosial yang memberikan fasilitas untuk membuat profil dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan akun di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.

Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog.

Saat ini Friendster telah menginternasionalisasi bahasanya yang semula hanya bahasa Inggris, saat ini telah tersedia bahasa Indonesia, bahasa Tionghoa, bahasa Spanyol, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Vietnam, bahasa Malaysia. Sejak Desember 2009 MOL Malaysia telah membeli Friendster seharga AS$ 100 juta.



MySpace adalah situs web jejaring sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik, dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat.

Posted by:
Michelle Vania N
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
http://id.wikipedia.org/wiki/msn
http://id.wikipedia.org/wiki/Skype
http://id.wikipedia.org/wiki/oVoo
http://id.wikipedia.org/wiki/Friendster
http://id.wikipedia.org/wiki/ICQ
http://id.wikipedia.org/wiki/Myspace

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "social networking"

Posting Komentar