CAUTION

Blog Project deadline is 15 February 2010 at 00.00<> (WIB Times). Jangan lupa setiap anggota kelompok diwajibkan untuk memasukkan paling sedikit 5 (lima) postingan mengenai IT Category dengan ketentuan seperti yang sudah dijelaskan pada saat praktikum Komputer yang lalu.

Blog ini Wajib memiliki fasilitas-fasilitas:

  1. Cita Hati Logo
  2. Search Blog
  3. Blog Category (Blog Labels or Label Cloud or Blogumus)
  4. About this Blog (Nama anggota2 kelompok + foto)
  5. ShoutBox
  6. Blogroll (isikan alamat blog/url kelompok2 yang lain)
  7. Latest Post
  8. Latest Comments
  9. Polling (sesuaikan dengan tema field trip)
  10. Blog/Web Counter (Ex : Histat)

Bonus Point :

Jika ada pertanyaan silakan contact saya di : mmeinardi@yahoo.com atau di twitter

 

With God's Love

Enter The Blog

Bahasa Indonesia


Reportase

Pengertian :

Pengambilan berita yang terjadi pada saat kejadian itu juga (secara live). Selain berita, pengambilan gambar juga diperlukan sebagai dokumentasi berita.

Proses Pencarian Berita :


Semua redaksi pasti punya titik reporter ( pada masing-masing daerah, reporter telah bersiap di daerah tersebut untuk mendapatkan berita). Di JTV, terdapat beberapa biro yaitu di Banyuwangi, Bojonegoro, Madiun, Jember, dan lainnya.


Proses Pelaporan Berita :


Reporter melakukan pencarian berita secara langsung (live), setelah berita didapatkan lalu reporter melakukan wawancara dengan narasumber. Setelah wawancara, reporter dan kru nya kembali ke kantor dan melakukan proses editing berita agar berita tersebut tersusun rapi dan gambar dipilih berdasarkan hasil yang paling bagus. Lalu, reporter melakukan pembuatan ringkasan berita tentang hasil berita yang diketahui reporter dengan menerapkan konsep 5W 1H (Who, Where, When, What, Why, How) yaitu kapan, dimana, siapa, apa yang terjadi, mengapa hal tersebut terjadi, dan bagaimana kejadiannya.

Pengeditan Berita :


Proses ini dilakukan dengan cara setelah pengumpulan berita dan foto, berita diringkas menjadi satu dan foto dipilih berdasarkan hasil yang terbaik. Setelah itu video tentang kejadian atau video yang berkaitan dengan berita diedit dengan membuang bagian-bagian yang tidak perlukan dan dijadikan satu dengan rekaman berita sehingga menjadi 1 video. Setelah selesai, hasil ini diberikan kepada Voice Offer ( seseorang yang mengurus penayangan berita ke TV ). Setelah dicek, voice offer akan menayangkan berita tersebu ke TV. Berita akan dibacakan oleh pemabawa berita sambil ditayangkan hasil video dan foto yang telah diedit.



Sumber : Wawancara dengan kru JTV

Created By : Kelvin Sugiarto

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Bahasa Indonesia"

Posting Komentar