CAUTION

Blog Project deadline is 15 February 2010 at 00.00<> (WIB Times). Jangan lupa setiap anggota kelompok diwajibkan untuk memasukkan paling sedikit 5 (lima) postingan mengenai IT Category dengan ketentuan seperti yang sudah dijelaskan pada saat praktikum Komputer yang lalu.

Blog ini Wajib memiliki fasilitas-fasilitas:

  1. Cita Hati Logo
  2. Search Blog
  3. Blog Category (Blog Labels or Label Cloud or Blogumus)
  4. About this Blog (Nama anggota2 kelompok + foto)
  5. ShoutBox
  6. Blogroll (isikan alamat blog/url kelompok2 yang lain)
  7. Latest Post
  8. Latest Comments
  9. Polling (sesuaikan dengan tema field trip)
  10. Blog/Web Counter (Ex : Histat)

Bonus Point :

Jika ada pertanyaan silakan contact saya di : mmeinardi@yahoo.com atau di twitter

 

With God's Love

Enter The Blog

Mengapa Search Engine Penting ?

Membuat web dapat dikatakan relatif mudah, jika anda dapat menggunakan editor teks seperti ms word, berarti anda sudah dapat membuat sebuah web. Ya, semudah itu, karena bahkan ms word memiliki fasilitas untuk menyimpan hasil tulisan anda ke format web.

Namun sebetulnya, untuk membuat sebuah web yang baik, dibutuhkan pengetahuan lebih dari itu. Selain pengetahuan di bidang desain dan pembuatan program, salah satu faktor penting adalah SEO alias search engine optimization atau optimasi web. Faktor ini yang menentukan sebuah web dapat ditemukan oleh search engine atau tidak.

Mengapa search engine penting?

Siapapun tahu jawabnya. Apalagi di jaman seperti sekarang, dimana hampir semua orang mengandalkan pencarian informasinya pada internet, dan tentunya internet terlalu luas untuk dijelajahi tanpa bantuan search engine. Salah satu faktor keberhasilan sebuah web adalah banyaknya jumlah pengunjung dan saat ini search engine merupakan alat utama bagi calon pengunjung untuk dapat menemukan web anda.

Namun seringkali SEO kurang dipedulikan oleh web developer – para pembuat website. Asalkan web nya terlihat baik dan tidak ada error, klien puas, itu cukup.

Meskipun secara visual, web yang dihasilkan bagus, tetapi jika syarat SEO tidak dipenuhi, web tersebut tidak akan berfungsi dengan maksimal, seperti membuat sebuah rumah yang bagus, tetapi berada di tengah hutan, sehingga jarang orang yang melihat.

Banyak syarat yang harus dipenuhi supaya sebuah web dapat ditemukan dengan mudah oleh search engine. Contohnya, keberadaan meta tag dengan keyword yang baik, sitemap, kode HTML yang memenuhi standar xhtml css, gambar-gambar yang harus memiliki atribut alt, dan banyak lagi lainnya. Syarat-syarat ini sama sekali tidak mempengaruhi penampilan pada sisi pengunjung, tetapi sakan sangat berpengaruh jika dilihat oleh search engine.

Pernahkah anda meminta penawaran pembuatan web pada beberapa web developer? Meskipun anda menjelaskan hal yang sama pada mereka, namun harga yang mereka ajukan akan sangat variatif.

Mengapa?
Salah satunya alasannya adalah karena pengalaman developer, jadi sebetulnya harga yang murah belum tentu akan tetap jadi murah jika akhirnya web Anda tidak bekerja dengan maksimal.


http://www.imajiku.com/blog/2009/06/search-engine-optimization/

by : Steven Chandra

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Mengapa Search Engine Penting ?"

Posting Komentar